8 Tips dan Cara Memperbanyak ASI

Cara memperbanyak asi – Pada saat si buah hati sudah mulai lahir, ini adalah salah satu momen yang paling membahagiakan untuk orang tua. Dimulai dengan memberikan inisiasi menyusui dini, maka anda sebagai ibu sudah mulai melakukan proses menyusui si kecil dengan memberikan ASI secara eksklusif. Tapi ada saja masalah yang mungkin anda hadapi. Dan salah satunya adalah ASI yang sedikit atau tidak lancar menjadi masalah sering hadapi oleh beberapa ibu.

Bila hal ini terus terjadi, maka anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara memperbanyak ASI agar bisa lebih kental, lancar dan lebih berkualitas mulai dari masa kehamilan hingga masa menyusui.  Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan diantaranya adalah :

Anda bisa memperbanyak ASI dengan mengkonsumsi Air putih

Ada banyak sekali diantara anda yang sangat sering melupakan faktor yang paling mendasar ini.  ASI sebenarnya terbuat dari bahan dasar air. Jadi jika anda ingin memperbanyak ASI maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbanyak untuk mengkonsumsi air sehingga ASI akan lancar selain itu juga bisa kental, berkualitas, dan juga banyak pada saat anda melahirkan si kecil. Selain hanya mengkonsumsi air anda juga bisa menyelingi dengan mengkonsumsi jus buah dan juga mengkonsums jus sayur sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal.

Usahakan sesering mungkin anda memberikan ASI kepada si kecil

Selain hanya mengkonsumsi air, anda juga tidak boleh meninggalkan yang menjadi praktek dasarnya yaitu, anda harus melakukan kegiatan menyusui dengan frekuensi yang lebih sering. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar ASI bisa jauh lebih banyak dan lebih kental pada saat anda anda melahirkan. Secara teori sebenarnya, payudara adalah sebagai produsen utama yang mengeluarkan ASI sehingga jika anda terus melakukan rangsangan maka ASI akan terus menerus diproduksi. Dan dalam prakteknya sendiri, anda juga tidak harus memberikan jadwal untuk si kecil pada saat memberikan ASI. Namun secara umum sebenarnya anda bisa memberikan si kecil ASI setidaknya 2 hingga 3 jam sekali.

Biarkan si kecil menyusui di kedua payudara

Ini sebenarnya sangat berhubungan dengan tips sebelumnya, sehingga agar ASI bisa banyak pada saat melahirkan, maka anda bisa menyusui si kecil dengan lebih sering. Anda juga harus memastikan jika si kecil diberikan ASI secara berganti di kedua payudara. Usahakan untuk menyusui si kecil hingga payudara anda benar – benar terasa kosong. Kemudian gantilah dengan payudara lain yang terasa lebih penuh.

Pastikan untuk memijat dan membersihkan payudara anda

Anda bisa melakukan proses pemijitan sebagai cara memperbanyak ASI. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak ASI dengan proses pemijitan diantaranya adalah :

  • Anda bisa memulainya dengan melakukan proses pemanasan dengan cara menghangatkan payudara anda dengan menggunakan handuk yang dalam keadaan hangat setidaknya selama kurang lebih 2 hingga 3 menit dengan mengulangnya kembali 3 hingga 5 kali.

  • Anda bisa memulai dengan memijat bagian puting dengan cara berlahan mulai dari bagian atas kemudian menuju ke bagian bawahnya

  • Lalu untuk bagian areolanya, anda bisa melakukan proses pemijatan secara perlahan mulai bagian atas menuju ke bagian bawah dan dimulai dari kanan menuju ke kiri, kurang lebih 5 hingga 6 kali untuk masing – masing dari payudara

  • Dan langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan memijat bagian payudara dengan cara melingkar dengan mengikuti bentuk dari payudara anda selama kurang lebih 5 hingga 6 kali. Lalu lanjutkan dengan memijat dengan cara melingkar dan dengan cara spiral yang menuju dari arah areola selama kurang lebih 3 hingga 4kali. Anda bisa melakukan langkah ini di semua payudara anda. Cara ini bisa jadikan sebagai salah satu langkah untuk memperbanyak ASI anda. Sehingga anda bisa memberikan ASI ekslusif pada si kecil.

Untuk proses membersihkannya anda bisa melakukan proses dengan sangat mudah. Namun yang perlu anda ingat adalah anda tidak boleh menyabuni bagian puting dan juga areola dengan tujuan untuk menghindari payudara menjadi kering dan juga kaku.

Usahakan melakukan teknik menyusui yang benar

Posisi dari anda menyusui sebenarnya sangat menentukan jumlah ASI yang keluar. Sehingga anda harus menyusui dengan posisi yang benar dimana anda harus menyusui dengan posisi bayi yang menempel betul pada bayi. Sedangkan untuk mulut dan dagu bayi juga harus menempel pada payudara. Sedangkan untuk mulut bayi usahakan terbuka dengan lebar sehingga bagian besar dari ereola anda tertutup dengan bayi. Posisi dari puting dan lengan bayi usahakan untuk berada pada satu garis lurus sehingga membuat bayi menjadi lebih leluasa pada saat akan mengisap ASI dengan pelan namun lebih kuat. Dengan begitu maka ASI anda juga akan keluar banyak dan ini membuatnya akan memproduksi kembali sehingga jauh lebih banyak.

Pilih makanan yang tepat untuk memperbanyak ASI untuk si Kecil

Anda harus mulai memperhatikan pada saat anda mulai masa menyusui si kecil, maka cobalah untuk lebih selektif dalam memilih makanan. Usahakan untuk memilih makanan yang memiliki kandungan yang baik dalam memperlancar ASI sehingga ASI yang nantinya keluar juga akan lancar dan juga lebih banyak.

Sebagai ibu yang menyusui, usahakan untuk memilih makanan yang mengandung banyak karbohidrat, banyak mengandung lemak, ada juga vitamin hingga mineral. Untuk jumlah dari makanannya ada baiknya untuk tidak membatasi jumlah untuk anda konsumsi. Anda juga sangat disarankan untuk menambah makanan dengan mengkonsumsi daun katuk dan daun pepaya yang memang memiliki khasiat sebagai sumber makanan yang bisa memperbanyak dan memperlancar ASI.

Ibu yang menyusui harus menghindari Rokok, Mengkonsumsi Alkohol dan Kopi

Bisa jadi anda adalah salah satu orang yang aktif merokok, sering mengkonsumsi alkohol dan juga kopi. Namun ada baiknya jika anda dalam masa menyusui berhentilah secepat mungkin, Dan usahakan untuk tidak lagi melanjutkannya. Bukan rahasia lagi jika zat yang terdapat di dalam kandungan di rokok, alkohol dan kopi ini memiliki kandungan yang beracun sehingga sangat tidak disarankan untuk ibu yang sedang masa menyusui dan memberikan ASI ekslusif.  Sebagai ibu sebaiknya anda harus memastikan jika bayi anda mengkonsumsi ASI yang sehat tanpa adanya kontaminasi dari zat yang beracun yang berasal dari rokok. Alkohol hingga kopi sekalipun.

Ada baiknya memiliki waktu tidur yang cukup

Cara memperbanyak ASI selanjutnya Untuk ibu yang sedang masa menyusui, ada baiknya untuk ibu memiliki waktu tidur yang cukup, tujuannya adalah tubuh anda menjadi lebih siap dalam hal memproduksi ASI yang jauh lebih berkualitas. Selain itu, Tidur yang cukup sebenarnya bisa membantu anda untuk mengurangi dan menghindari kemungkinan anda mengalami stress yang sebenarnya tidak baik jika dialami oleh ibu yang sedang menyusui.