10 Tips Diet Tanpa Harus Kelaparan

Mungkin beberapa dari Anda takut mendengar kata diet karena diet identik dengan menahan lapar untuk mendapatkan berat badan ideal. Atau Anda yang sudah pernah menjalani diet merasa tersiksa dengan program yang dijalani namun tidak membuahkan hasil? Sekarang Anda tidak perlu takut lagi jika berencana menjalani program diet, karena ada cara yang lebih nyaman untuk menurunkan berat badan yang lebih sehat tanpa harus terlalu tersiksa.

Berat badan yang berlebih memang sangat menggangu. Selain menggangu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri sebagian orang, kelebihan berat badan juga beresiko bagi kesehatan. Banyak penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan, mulai dari gangguan sendi, gangguan jantung, hipertensi, stroke, diabetes, gangguan fungsi hati hingga bahaya kanker.

Diet adalah suatu upaya menjaga pola makan dan gaya hidup untuk mendapatkan tubuh yang sehat atau mendapat berat badan yang ideal. Kunci dari diet adalah perubahan pola makan dan gaya hidup. Banyak tips-tips yang tidak benar tentang diet beredar di masyarakat. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi, sebagian orang tidak ingin menjalani diet yang sehat karena merasa diet ini memakan waktu lama sehingga mereka memilih jalan pintas yang lebih cepat seperti mengonsumsi obat-obat pelangsing atau sedot lemak daripada menjalankan cara diet yang benar.

Berikut adalah beberapa cara diet sehat yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal.

1. Kurangi Kalori Bertahap

Untuk mengurangi berat berat badan memang dibutuhkan pengurangan kalori. Namun kurangi kalori secara bertahap, biarkan tubuh Anda beradaptasi pada perubahan yangAnda lakukan secara perlahan sehingga tubuh tidak kehilangan kalori berlebihan secara drastis.

2. Sesuaikan Kalori Dan Kegiatan

Setelah Anda dapat mengurangi kalori secara bertahap, mulailah menyesuaikan kalori yang masuk dengan kegiatan Anda dalam sehari. Prinsip dari penurunan berat badan adalah kalori yang masuk harus sama jumlahnya dengan kalori yang dibakar, atau kalori yang dibakar sedikit lebih banyak dari kalori yang masuk ke tubuh. Misalnya saja hari Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, sehingga Anda makan makanan yang lebih banyak mengandung protein, serat dan mineral dengan porsi yang cukup ketimbang makanan yang kaya karbohidrat. Lain lagi jika Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk olah raga naik gunung, sebaiknya Anda mengonsumsi karbohidrat dan protein lebih banyak.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Sebagian orang melewatkan sarapan untuk memangkas kalori agar lebih kurus. Menurut beberapa ahli itu adalah strategi yang salah. Sarapan sangat penting sebagai bahan bakar tubuh untuk mengawali rangkaian kegiatan kita. Bila meninggalkan sarapan, Anda akan terdorong untuk makan dengan porsi lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan tbuh pada siang harinya.

4. Makan Sedikit dan Beragam

Makanlah dalam porsi kecil, boleh lebih sering. Makan dalam porsi kecil yang sering dapat mengontrol Anda memakan makanan terlalu banyak. Jika Anda membiarkan tubuh Anda kelaparan karena jarang makan, otak Anda akan mengirim sinyal jika tubuh Anda kelaparan dan sedang dalam kondisi bertahan sehingga tubuh hanya membakar kalori sedikit sedangkan Anda akan lebih terdorong untuk makan lebih banyak pada waktu yang lain.

Selain itu makan dengan porsi kecil namun ragamnya banyak dapat membantu Anda mendapatkan zat-zat yang lebih lengkap dibandingkan dengan ragam yang sedikit.

5. Pakai Piring Kecil

Untuk mendapatkan porsi yang cukup dan tidak berlebih sebaiknya pakai piring yang kecil. Jika Anda mengambil makanan dengan piring besar, Anda akan melihat piring Anda tidak cepat terisi dan terdorong untuk mengambil lebih banyak makanan.

6. Makan dengan Perlahan

Makan makanan Anda dengan perlahan dan pastikan semua makanan sudah terkunyah sebelum ditelan. Tubuh akan merespon makanan yang masuk setelah 20 menit kemudian, dengan makan secara perlahan Anda mengurangi potensi masih merasa lapar meski porsi makan Anda sebenarnya sudah cukup.

7. Olah Raga Secara Teratur

Tidak diragukan lagi olah raga sangat membantu tubuh membakar kalori dan menguatkan organ-organ tubuh. Namun, tidak diragukan juga bahwa sebagian besar pelaku diet malas untuk berolah raga dengan berbagai alasan. Padahal hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perhari untuk olah raga atau selama 1-2 jam yang dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Lebih efektif jika Anda berolah raga tidak berat tetapi konstan daripada sekali olah raga tetapi hanya sekali-kali waktu saja.

8. Minum Teh Hijau sebelum Olah Raga

Beberapa riset menunjukkan bahwa minum teh hijau 2 kali sehari dapat membantu pembakaran kalori lebih cepat, tanpa gula tentunya. Lebih efektif lagi jika Anda minum teh hijua beberapa saat sebelum Anda berolah raga. Teh hijau mempunyai banyak manfaat, selain sebagai antioksidan yang kuat, teh hijau dapat membantu melepaskan kadar air yang tertahan dalam tubuh. Perlu diingat, teh hijau bersifat diuretik yang menyebabkan Anda kencing lebih sering. Minum 2 gelas air putih setelah minum teh hijau untuk menghindari dehidrasi saat olah raga.

9. Pilih Makanan Yang Lebih Sehat

Tidak ada salahnya jika Anda mulai beralih memilih makanan yang lebih sehat, keuntungannya akan Anda rasakan cepat atau lambat, ibarat investasi kesehatan. Pilihlah makaan yang mengandung serat, dan kadar lemak dan minyaknya rendahnya.

10. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan. Air putih dapat membuang racun dlam tubuh, membantu proses metabolisme karbohidrat dan lemak. Air juga dapat membantu Anda mengurangi nafsu makan berlebih. Minumlah segelas air sepuluh menit sebelum makan.