10 Jenis Makanan Sehat untuk Tubuh Langsing Ideal

Ingin memiliki tubuh langsing ideal? Kebanyakan orang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Sayangnya cara diet yang dilakukan kebanyakan masih belum benar. Diet tidak berarti Anda mengurangi porsi makan Anda atau malah Anda tidak makan sama sekali. Salah-salah bukan tubuh langsing ideal yang Anda dapatkan, tapi Anda bisa jatuh sakit karena tidak makan teratur.

Diet bisa Anda lakukan dengan tetap makan secara teratur dan dengan porsi biasa. Pastikan untuk memperhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi karena jika berlebih berat badan Anda akan naik secara otomatis. Menghindari cemilan setelah makan malam juga perlu Anda lakukan karena pembakaran kalori tidak banyak terjadi di malam hari. Supaya rasa kenyang bisa bertahan lebih lama dan Anda tidak tergoda dengan jajanan cemilan yang kurang menyehatkan, berikut 10 makanan sehat untuk diet Anda:

1. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan omega-3, zat besi, dan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh. Kedelai adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di kalangan vegetarian. Kedelai bisa Anda nikmati sebagai makanan sehat untuk diet Anda baik direbus atau dalam bentuk olahan yang lain. Olahan kedelai pun sangat bermacam-macam, mulai dari tahu, tempe, tofu, hingga susu kedelai. Tahu sendiri merupakan olahan kedelai yang kaya serat dan protein. Tahu baik dikonsumsi karena akan memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa menghindari cemilan yang tidak menyehatkan. Pilih tahu alami tanpa tambahan bahan-bahan lain seperti gula misalnya karena gula malah akan mengganggu program diet Anda.

2. Gandum

Gandum kaya akan serat, vitamin B1 atau thiamin, vitamin B3, vitamin E, dan zat besi. Anda bisa mengonsumsi gandum dalam bentuk olahan roti gandum ataupun sereal untuk makanan sehat untuk diet Anda. Makanan berserat tinggi memang baik dikonsumsi agar tubuh tetap langsing ideal. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, makanan berserat tinggi seperti gandum bisa membantu Anda mengurangi nafsu makan berlebih sehingga berat badan Anda bisa dikontrol.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat banyak macamnya. Anda bisa memasukkan sawi dan bayam ke dalam menu diet sehat Anda. Sawi dan bayam adalah makanan sehat untuk diet yang rendah kalori. Jadi sebanyak apapun Anda memakan sawi atau bayam Anda tidakperlu khawatir menjadi gemuk. Sayuran hijau ini juga kaya serat yang tentunya baik untuk sistem pencernaan Anda. Brokoli juga contoh sayuran hijau yang baik untuk program diet Anda karena kaya kalsium, vitamin A, vitamin C, dan potassium. Brokoli akan memberikan hasil terbaik bila dimasak tidak terlalu matang dengan tambahan saus atau keju secukupnya.

4. Kalkun

Makanan sehat untuk diet tidak selalu identik dengan makanan yang hambar atau tidak enak. Kalkun memang terlihat sepeti daging berlemak tinggi, tetapi sebenarnya kalkun kaya akan asam amino triptopan yang dibutuhkan untuk produksi serotonin di otak. Apa peran dari serotonin itu? Serotonin berperan untuk memberi efek rasa kenyang lebih lama kepada Anda. Akan tetapi, pengonsumsian kalkun ini sebaiknya tidak boleh berlebihan cukup porsi normal.

5. Salmon

Ikan dan seafood sebenarnya adalah makanan sehat untuk diet. Salmon sendiri merupakan ikan yang paling baik untuk mendukung program diet Anda. Ikan salmon memiliki kandungan omega-3, protein, dan asam amino tinggi. Salmon baik dikonsumsi juga oleh penderita kolesterol karena salmon rendah kolesterol.

6. Ubi

Ubi adalah makanan sehat untuk diet yang kaya akan vitamin baik itu vitamin A, B, C, ataupun E. Ubi juga rendah kalori dan baik dimakan sebagai pengganti nasi. Sebenarnya di beberapa daerah pedesaan ubi sudah familiar dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok pengganti nasi. Ubi cocok Anda hadirkan dan akan bekerja optimal khususnya jia Anda olah secara dipanggang atau dimasak tanpa tambahan gula.

7. Kacang Merah

Di dalam kacang merah didapati kandungan serat, zat besi, protein, magnesium yang cukup tinggi, fosfr, vitamin, dan mineral. Anda bisa menambahkan kacang merah ke dalam salad atau sup sebagai makanan sehat untuk diet.

8. Kacang Almond

Kacang almond memiliki kandungan serat yang tinggi, protein, zat besi, vitamin E, dan juga magnesium. Di dalam kacang almond juga terdapat penilalanin. Penilanin merupakan asam amino yang berperan merangsang sekresi hormon CCK (kolesistokinin) dalam saluran pencernaan. Hormon CCK ini adalah hormon yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik hindari mengonsumsi kacang almond yang diolah dengan tambahan bumbu yang berlebihan baik gula ataupun garam. Kacang almond hanya akan berperan optimal sebagai makanan sehat untuk diet jika Anda konsumsi mentah atau sudah diolah dengan cara yang sehat.

9. Apel

Apel adalah buah yang sangat mudah dicerna tubuh guna memerangi kolseterol jahat. Apel kaya serat dan merupakan sumber vitamin C. Anda bisa makan buah apel beserta kulitnya setelah dicuci bersih. Buah apel baik dikonsumsi setiap hari sebagai makanan sehat untuk diet karena apel sangat segar dan juga mengenyangkan.

10. Asinan

Asinan merupakan salah satu bentuk olahan makanan segar yang rendah kalori. Satu mangkuk makanan sehat untuk diet ini diketahui hanya memiliki kandungan kalori sebesar 50 kalori saja. Namun, pastikan Anda selalu memilih asinan sehat tanpa pewarna buatan. Asinan buatan sendiri pastinya lebih sehat karena prosesnya lebih bersih dan terkontrol.

Demikian 10 jenis makanan sehat yang cocok untuk diet. Adapun pengonsumsian air putih setiap hari juga bisa mendukung program diet Anda. Minumlah satu gelas air putih sebelum makan. Hal ini bisa menekan nafsu makan Anda, sehingga Anda akan terhindar dari godaan makan dengan porsi berlebih. Semoga bermanfaat dan selamat berdiet.